"Belajar Sebagai Sarana Berjuang Menuju Pribadi Yang Taqwa"

Peraturan Organisasi dan Peraturan Pimpinan Pusat IPNU

       Buku Pedoman Organisasi merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan organisasi itu sendiri. Tanpa pedoman tersebut, maka perjalanan organisasi tidak akan memiliki arah dan landasan yang mapan dan sistematis yang tentunya akan berdampak pada sulit tercapainya tujuan organisasi.  IPNU yang lahir dari para generasi pelajar Nahdlatul Ulama—baik pelajar maupun santri—yang terdidik dan memiliki pengetahuan yang baik harus menjadi referensi bagi organisasi-organisasi kepelajaran lainnya yang ada di Indonesia. Terlebih usia IPNU yang sudah lebih dari setengah abad, idealnya sudah semakin mapan dalam pelbagai aspeknya, utamanya dalam sistem administrasi sebagai bagian inti dalam mewujudkan profesionalitas organisasi. 

     Profesionalitas dari sebuah organisasi paling tidak dapat dilihat dari 4 (empat) indikator utama, yaitu: (1) soliditas internal pengurus yang ditandai dengan minimalnya angka konflik di internal pengurus dan diimbangi dengan kemampuan penyelesaian yang baik oleh pimpinan organisasi. (2) Bagi organisasi pengkaderan, profesionalitas organisasi ditunjukkan dengan kontinuitas kaderisasi yang tidak hanya berorientasi pada kuantitas kader melainkan juga kualitas kader yang dihasilkan serta tercatat dengan baik. (3) Adanya catatan rekam jejak yang menunjukkan kemajuan kinerja organisasi dari pelbagai sektornya, terutama yang berkaitan dengan aktivitasnya dalam kehidupan sosial masyarakat. (4) Adanya sistem standar administrasi yang terukur dan terkontrol guna menciptakan ketertiban organisasi. 

      Oleh karena itu, sistem administrasi yang di dalamnya memuat seperangkat organisasi adalah syarat mutlak menciptakan organisasi yang tertib dan profesional. Menukil ucapan dari Ali bin Abi Thalib Kw. “al haqqu bi laa nidzam yaghlibu al bathil bi an nidzam” yang artinya hal baik yang tidak terorganisir akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir. Dari ucapan tersebut paling tidak dapat diambil sebuah pemahaman tentang pentingnya ketertiban dalam sebuah organisasi, yang tentu diawali dari sistem adminitrasi yang baik. 

     Dalam hal ini, maka Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) masa khidmat 2012-2015 terus melakukan upaya-upaya dalam mewujudkan IPNU sebagai organisasi yang profesional melalui kebijakankebijakan organisasi yang sistematis dan strategis guna menjawab tantangan zaman dan mewujudkan cita-cita besar organisasi.   Akhirnya, dengan diterbitkannya buku  Peratuan Organisasi dan Peraturan Pimpinan Pusat (PPP) Tahun 2015 ini, kami berharap agar dapat dijadikan pedoman oleh kader IPNU di seluruh Indonesia dalam pengabdiannya untuk NU dan Bangsa. Selain itu, melalui buku pedoman ini pula PP IPNU berharap agar kader-kader IPNU di seluruh Indonesia menjadi kader-kader yang profesional dan taat organisasi serta semakin mampu mengaplikasikan
pengetahuan organisasinya dalam kehidupan bermasyarakat secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum. [1]

Dwonload File

__________________________________________________________________
[1] Kata Pengantar dalam pdf peraturan organisasi disampaikan waktu Rakernas 2014 Di Jakarta

Post a Comment

2 Comments